Selamat Tinggal Google

Jaringan data Google ke berbagai aspek kehidupan cukup membuat cemas sebagian orang. Agar tidak “terbius” dengan segala kenyamanan layanannya, saatnya beralih ke layanan alternatif terbaik. Apabila Anda terkena amnesia dan ingin mengingat kembali siap diri Anda, cukup minta bantuan Google untuk meny embuhkannya tanpa harus ke dokter. Syaratnya, Anda ha nya perlu mengingat data detail login dan Google Dash board siap menyegarkan kembali ingatan Anda dengan beragam informasi.

Sebut saja, seperti siapa teman Anda di Internet, bagaimana cara Anda berkomunikasi, frekeuensi bertukar email, lokasi dan waktu Anda berkunjung ke suatu lokasi, jenis perangkat mobile dan jenis software (app) yang dipakai, jenis dokumen yang dibuat, apa saja foto yang dilihat, dan segudang data lainnya. Singkatnya, sebagian aktivitas hidup Anda akan terkuak kembali karena terah diarsipkan secara digital.

Secara hipotetis, penderita amnesia akan tertolong, tetapi masuknya layanan Google ke dalam informasi pribadi seseorang menimbulkan kecemasan baru. Apa jadinya jika informasi pribadi ini dimanfaatkan oleh Google atau pihak lainnya (misalnya intelijen, NSA, iklan, dll) secara sengaja (tidak sengaja) sehingga merugikan si pemilik informasi. Terlepas dari paranoia atau tidak, saatnya Anda untuk tidak terjerat oleh gurita data Google.

CHIP menawarkan alternatif terbaik untuk 27 layanan Google yang umumnya gratis dan tidak “rakus” mengoleksi dapat pribadi Anda. Apabila aktivitas Internet Anda tidak melulu di layanan Google, profil Anda tidak gampang diketahui sehingga privasi pun akan lebih aman. Meskipun privasi belum dihargai sepenuhnya di kalangan netizen Indonesia tidak ada salahnya memulai menghargai informasi pribadi seseorang terlepas dari baik buruk nya informasi tersebut.