Perbaiki Akses Udara Dan Cahaya

Ventilasi yang salah dapat menimbulkan beragam masalah kamar mandi, yang berujung pada menurunnya kesehatan kamar mandi. Banyak berurusan dengan air, membuat kamar mandi mudah lembap, berjamur, dan bau. Ini akan membuat kamar mandi tidak sehat dan tidak higienis, sehingga cepat kotor dan mudah menjadi sarang penyakit.

Baca juga : outdoor furniture

Solusinya adalah mengupayakan sirkulasi cahaya matahari dan udara alami di dalam kamar mandi, dengan membuat bukaan yang ideal. Membuat bukaan di kamar mandi bergantung pada letak kamar mandi itu sendiri di dalam bangunan. Jika kamar mandi bersisian dengan dinding luar, bukaan untuk memasukkan cahaya dan udara alami dapat dibuat.

Namun jika bangunan berada di tengah, exhaust fan dan penerangan buatan juga tak kalah ampuh dijadikan solusi. Nah, jika kamar mandi Anda di rumah terkena beberapa masalah yang telah disebutkan di atas, tak usah berkecil hati dulu. Ada solusi yang dapat Anda lakukan untuk memperbaiki masalah ventilasi kamar mandi yang kurang sehat.

Hawa Pengap dan Panas

Pernah merasa sesak napas saat berada di kamar mandi? Hawa kamar mandi yang pengap dan panas membuat kegiatan mandi menjadi kurang nyaman sehingga kita serasa ingin cepat-cepat keluar dari kamar mandi. Kegiatan di kamar mandi dapat menjadi pelepas lelah yang efektif sepulang bekerja. Namun, jika kamar mandi terasa pengap dan panas, kenyamanan kita pasti terganggu.

Udara panas yang mengalir ke atas akan terperangkap di langit-langit, sehingga ruangan akan terasa panas. Selain itu, kurangnya perputaran aliran udara juga akan menyebabkan kamar mandi terasa pengap, apalagi jika tertutup terus sepanjang hari. Solusinya, buatlah kisi-kisi pada dinding yang bersisian dengan area terbuka, atau pada plafon (skylight).

Agar privasi tetap terjaga, bukaan dapat dibuat pada area atas, yang tak memungkinkan orang lain untuk mengintip ke kamar mandi. Jika kamar mandi berada di tengah bangunan, pasanglah exhaust fan yang bisa dibuat mengarah ke luar atau langitlangit ruangan.