Menapaki Bangunan “pengingat” Soekarno di Bandung

Jejak Soekarno presiden pertama Republik Indonesia begitu lekat terasa di Kota Kembang ini, mulai dari memorinya ketika masih mengenyam pendidikan, hingga momentum saat ia mengharumkan nama bangsa lewat Konferensi Asia Afrika. “Proklamasi. Kami bangsa Indonesia dengan ini menyatakan kemerdekaan Indonesia. Hal – hal yang mengenai pemindahan kekuasaan dan lain – lain, diselenggarakan dengan cara seksama, dan dalam tempo yang sesingkat – singkatnya. Jakarta, 17 Agustus 1945, atas nama bangsa Indonesia, Soekarno – Hatta.” Genap 70 tahun lampau, suara berat itu menggelegar hebat, memenuhi pelataran Jalan Pegangsaan Timur 56, Jakarta.

Genset untuk rumah toko di Bandung

Berbalut pakaian serba putih dan kopiah hitam, pria ini membacakan naskah yang terbentang di depannya dengan lantang, membuat setiap orang yang mendengarnya terhenyak, lantas mengharu biru dalam suasana khusyuk. Lalu, sorak sorai penuh kegembiraan mengiringinya, mengiringi perjuangan hasil keringat seluruh masyarakat di Bumi Nusantara. Ya, siapa yang tak kenal sosok berwibawa tersebut? Pria itu adalah Ir. H. Soekarno, presiden Indonesia pertama, sekaligus seorang proklamator kemerdekaan Indonesia, berdampingan bersama Mohammad Hatta.

Berkat sosok inilah, masyarakat Indonesia bisa merasakan nikmatnya kemerdekaan secara utuh. Berkat jasa-jasanya pula, nama harum bangsa pernah terangkat sempurna di mata dunia. Ternyata, meskipun Bung Karno demikian sapaan akrabnya berasal dari belahan timur Pulau Jawa, jejak-jejaknya begitu kental terasa di Bandung. Ibu kota Provinsi Jawa Barat. Bahkan, memorinya akan tanah Pasundan terekam sejak ia masih berusia belia, berawal ketika ia mulai meneruskan jenjang pendidikannya di kota ini. Untuk memperingati hari kemerdekaan Indonesia, tak ada salahnya bila kita menapaki satu per satu jejak sang Bapak Indonesia, salah satunya di kota yang dijuluki Kota Kembang ini, melalui bangunan-bangunan yang masih menghembuskan nafasnya hingga kini.

Namun di jaman sekarang ini semua rumah di Bandug sudah beragam dari desain dan fungsinya. Beberapa ruko sudah banyak dibangun. Sebuah ruko memerlukan instalasi genset sebagai sumber energi listrik alternatif ketika sedang terjadi listrik padam. Untuk mendapatkan harga genset yang murah di bandung bisa membelinya di toko suplier genset 1000 kva di Bandung. Salah satu suplier resmi dengan berbagai merk tersedia adalah PT. Rajawali Indo. Selalu memberikan diskon disetiap produknya dan barang ready stock.