Manfaat Genset Untuk Masjid

Manfaat genset untuk masjid – Genset atau generator set merupakan alat pembangkit listrik yang sudah lama menjadi tren dalam masyarakat. Sebab genset dapat mengaliri listrik melalui generatornya ketika listrik padam. Biasanya digunakan untuk acara-acara besar seperti konser musik, pusat perbelanjaan, hingga restaurant. Salah satu tempat yang menggunakan genset adalah masjid.

Jenis-jenis Genset

Berikut ini berbagai jenis genset yang dapat dijadikan rekomendasi aliran listrik di Masjid. Misalnya mesin genset diesel yang berkapasitas voltase mulai dari mulai dari 500 watt sampai 2.000.000 watt. Mesin genset gas tergolong praktis digunakan dan menggunakan berbahan bakar gas alam seperti CNG dan LPG. Pada mesin genset gas harus dilengkapi dengan pipa gas.

Kegunaan pipa gas untuk mendistribusikan secara langsung gas ke generator. Selanjutnya adalah mesin genset turbin yang mengeluarkan voltase besar yakni lebih dari 2.000.000 watt. Genset turbin dapat memenuhi aliran listrik dalam skala besar. Selain itu, terdapat genset portable yang sangat praktis dibawa karena berukuran kecil.

Mesin genset bensin dengan kapasitas maksimal 10.000 watt dan telah menjadi andalan semua orang. Umumnya di beberapa masjid lebih memilih menggunakan mesin genset diesel karena tidak menimbulkan suara yang berisik.

Penggunaan Genset di Masjid

Generator set terdiri dari berbagai elemen mesin penggerak yang disusun dalam kesatuan agar menghasilkan energi listrik dalam jumlah tertentu. Umumnya bagian dalam genset terdapat motor yang berkerja untuk pembakaran internal. Bagian tersebutlah yang akan menghasilkan voltase dan frekuensi tertentu dan dapat memenuhi kebutuhan listrik.

Beberapa kegiatan-kegiatan besar yang dilakukan dimasjid seperti yasinan, akad nikah, sholat 5 berjamaah, terlebih lagi sholat idul fitri atau idul adha memerlukan aliran listik yang besar. Tidak jarang pemadaman oleh PLN dapat menghampat jalannya kegiatan-kegiatan tersebut. Saat ini genset tidak asing lagi ditemukan di masjid-masjid.

Selain itu, dengan memfasilitasi genset dapat menunjang kekhusyu’an beribadah jamaah dan acara pengajian masjid. Fasilitas yang dialiri listrik seperti pompa air, sound speaker, kipas angin, pendingin ruangan, dan pencahayaan. Maka dari itu pengurus masjid dan donatur dapat melihat produk tersebut di beli genset Makassar.