Kepingan Kaca & Batu

Media optical mulai ditinggalkan pengguna PC dan notebook. Bahkan tablet pun juga tidak menyertakannya. Padahal, media non-optical (magnetic dan flash memory) belumlah seawet media optical, seperti DVD/Blu-ray yang awet hingga beberapa dekade (tergantung material dan kondisi penyimpanan). Keping standar (blank optical disc) yang biasa dipakai digunakan konsumen belumlah ideal karena lapisan-lapisan untuk proses baca/tulis (metallic reflective dan organic colour coat layer) akan rusak karena faktor cahaya, udara, kelembaban.

Pengujian selama ini telah membuktikan bahwa keping berlapis emas sekalipun hanya awet sekitar 100 tahun (lapisan biasa awet sekitar 30 tahun). Keping DVD/Blu-ray standar berkualitas standar bahkan hanya awet beberapa tahun. Pemakaian lapisan pelindung khusus inilah yang membedakan ketahanan berbagai jenis media optical di pasaran. Millenniata sudah menawarkan DVD berlapis khusus (inorganic layer), M-DISC, yang sangat awet. Selama proses tulis, laser burner membakar celah/lubang ke dalam material disk. Metode bakarnya berbeda dengan disk konvensional.

M-DISC yang bisa dibaca DVD drive standar ini tahan terhadap pengaruh lingkungan. Bekerjasama dengan Millenniata, LG telah merilis drive yang bisa membakar M-DISC (US$ 3 per keping di Amazon). Millenniata juga telah merilis format Blu-ray (M-blu-ray) dan BDXL (di tahun 2015). M-DISC diklaim Millenniata (berdasarkan stress-test pada berbagai kondisi ekstrem sebagai simulasi ageing process) bisa bertahan hingga selama 1.000 tahun.