Kapan Balita Perlu Diajak Ke Dokter Mata?

pascal-edu.com – Saat anak berusia 3-9, periksakan kondisi mata anak di dokter spesialis mata, demikian anjuran terbaru dari panel ahli National Center for Children’s Vision Health, Amerika Serikat. Menurut para ahli, anak-anak dalam kelompok usia ini perlu menjalani pemeriksaan untuk mengetahui apakah ada masalah pada mata yang memerlukan koreksi dengan penggunaan kacamata. Misalnya saja, amblyopia (mata malas) dan strabismus (mata juling). Deteksi dini untuk masalah penglihatan akan berpengaruh besar terhadap perkembangan anak serta kesiapannya masuk sekolah, demikian rekomendasi para ahli yang juga dimuat di jurnal Optometry and Vision Science.

Tumpeng Gizi Seimbang

Lepas usia bayi, si kecil membutuhkan variasi makanan layaknya orang dewasa, hanya dengan porsi yang lebih kecil. Saat ini, panduan gizi yang dipakai di Indonesia adalah tumpeng gizi seimbang. Tumpeng gizi seimbang terdiri atas: karbohidrat kompleks, protein (hewani dan nabati), sayuran dan buah-buahan, air, serta lemak tambahan (minyak zaitun, santan, susu, dan sebagainya). Pada panduan gizi ini, susu tidak lagi dianggap sebagai “si sempurna”(diambil dari istilah 4 sehat 5 sempurna). Susu adalah sumber zat gizi yang kaya, tetapi susu bukan pengganti dari variasi makanan lain. Karena itulah susu menjadi pelengkap pada takaran gizi 4 sehat 5 sempurna karena susu.

Kurangi Makan Pizza

Hidangan khas Italia ini memang lezat dan sangat disukai anak-anak. Tapi, terlalu sering makan pizza membuat anak-anak cenderung mengonsumsi kalori, lemak, dan sodium lebih banyak dari biasanya. Penelitian dari University of Illinois, Chicago, yang dimuat di jurnal Pediatrics ini, menemukan, saat makan pizza, asupan kalori anak pada hari itu melonjak 20% lebih banyak. Pola makan seperti ini bisa meningkatkan risiko terhadap penyakit-penyakit yang berhubungan dengan kurang gizi, seperti: diabetes tipe 2, tekanan darah tinggi, dan obesitas. Orangtua agar lebih cermat memilih jenis pizza untuk anak-anaknya, pilih topping buah dan sayuran yang lebih banyak daripada daging dan gunakan keju seperlunya. Dan lebih baik jika mengurangi makan pizza bukan tiap hari makan pizza.