Cerdas Dan Percaya Diri Karena Menggambar

Masih ingat ketika tangan si kecil sibuk mewarnai dinding rumah dengan coretannya? Menginjak usia prasekolah, anak mulai senang mencorat-coret di kertas. Kegiatan corat-coret adalah cikal bakal keterampilan menggambar. Bermain krayon di atas kertas sering menjadi aktivitas seni pertama yang diperkenalkan orangtua pada anak. Apalagi aktivitas menggambar hanya membutuhkan beberapa alat yang mudah ditemui di rumah: kertas dan alat tulis (krayon, pensil, spidol, dan lain-lain). Kegiatan menggambar ada di semua sentra pembelajaran anak usia dini.

Sebabnya, menggambar dinilai sarat manfaat, seperti: menstimulasi motorik halus/ kasar dan mendorong imajinasi anak karena apa yang pernah ia lihat akan dituangkan pada gambar. Lewat menggambar, anak bermain sambil belajar tentang banyak hal. Cara ini akan membantu anak mengembangkan kemampuan berbahasanya juga. Menggambar tak sebatas menuangkan gagasan dalam kepala, tetapi juga menceritakan kembali apa yang ia gores. Mampu menuangkan apa yang ia lihat dan ia dengar. Menggambar ternyata juga dapat menolong anak lebih kreatif dan percaya diri.

PROSES LEBIH PENTING

Menggambar adalah kegiat an bermain yang menyenangkan, mudah dilakukan, dan terjangkau. Ada banyak media yang bisa kita manfaatkan sebagai media menggambar dan mudah ditemui sehari-hari di rumah. Kita perlu memelihara semangat dan antusiasme anak saat menggambar. Jangan hanya terjebak pada penilaian bagus tidaknya sebuah gambar, tetapi bagaimana proses anak menghasilkan karya itu yang lebih penting. Menariknya, dorongan un tuk menggambar juga berawal dari kita, orangtuanya. Maka itu, jika kita kurang percaya diri karena merasa tidak bisa menggambar, jangan tunjukkan perasaan atau katakata, “Mama nggak bisa gambar, Nak,” di hadapan anak. Sebaliknya, percayalah saja bahwa kita bisa menggambar dan menikmatinya.

Contohkan beberapa gambar dengan bentuk dasar garis, bulat, kotak, segitiga, dan lainnya. Bereksperimen dengan warna, campur warna ini itu, dan nikmatilah, sehingga anak sadar jika kita bisa melakukannya, maka ia pun bisa! Lagi pula, menjadikan menggambar sebagai kegiatan bersama di rumah akan berpengaruh positif pada tumbuh kembang si prasekolah. Di rumah, Mama Papa bisa memberikannya kertas besar dan krayon, pensil warna, pensil, spidol, atau cat air. Sesekali mainkan jari dengan cat warna-warni di atas kertas, jadilah fi nger painting. Bisa juga dengan membuat berbagai cap dari dedaunan, sayuran, dan buah-buahan. Saat pergi dengan mobil dalam kondisi hujan, kaca mobil yang berembun juga dapat menjadi media menarik untuk menggambar.

Ajak anak menggoreskan jarinya pada kaca mobil. Pun saat pergi ke pantai, gunakan tongkat kayu untuk menggambar di pasir. Dari sini anak belajar, menggambar dapat dilakukan di mana saja dengan media apa saja, serta menikmati setiap prosesnya. Letakkan alat-alat gambar pada tempat yang mudah dijangkau anak. Dengan demikian, anak terdorong untuk menggambar setiap saat karena ia bisa memperoleh alatnya dengan mudah atau mengambil sendiri. Ini juga mendorong anak untuk mau mengeksplorasi ide dan teknik menggambar.

Telah disebutkan, menggambar dapat memperkaya kemampuan berbahasa anak. Ini karena si prasekolah biasanya tanpa diminta sering menceritakan apa yang ia gambar. Nah, di saat inilah Mama Papa dapat mengenalkan beberapa kosakata penting saat menggambar dari arah (atas, bawah, kanan, kiri, depan, belakang, samping, di dalam, di luar), bentuk (bulat, segitiga, kotak, garis, titik, panjang, lebar, tebal, tipis), dan warna.

Satu hal lagi, berusahalah menjaga kegiatan menggambar ini sesuai usia dan perkembangan si prasekolah. Tak perlu menuntut harus sempurna atau memasang target karena menggambar lebih mengeluarkan sisi spontanitas anak. Lewat meng gambar, anak diajak un tuk “jujur” pada apa yang ia pikiran dan rasakan saat itu. Beri ia kesempatan berkreasi seluas-luasnya dengan beragam media gambar tadi.

Untuk anak yang ingin mahir dalam berbahasa asing khususnya bahasa perancis dapat mengikuti pelatihan belajar bahasa Perancis di Lembaga belajar bahasa Perancis di Jakarta yang terbaik.