Anggota RSPO Konservasi Hutan 263 Ribu Ha

The Roundtable on Sustainable Palm Oil (RSPO) merilis impact report 2018 (12/11). RSPO menyatakan, anggotanya berhasil menyelamatkan lahan bernilai konservasi tinggi (high conservation value-HCV) seluas 263 ribu ha. Luasan ini setara dengan 350 ribu lapangan bola. Angka ini meningkat 39% dari laporan tahun lalu. Di Amerika Latin dan Afrika juga tercatat ada pertumbuhan HCV yang disisihkan anggota RSPO. Di Amerika Latin meningkat sebesar 83% atau sekitar 66.229 ha dan di Afrika sebesar 132% atau seluas 18.043 ha.

Hingga 30 Juni 2018, total area anggota RSPO yang bersertifikat sekitar 3,2 juta ha degan produksi minyak sawit bersertifikat (CSPO) sebanyak 13,6 juta ton/tahun. Datuk Darrel Webber, RSPO Chief Executive Officer juga mengungkap dampak positif lainnya berupa penurunan emisi karbondioksida (CO2). “Kami melihat adanya penurunan karbondioksida seiring dengan bertambahnya konservasi lahan gambut. Nilainya setara dengan menghilangkan emisi lebih dari 110 ribu mobil per tahun,” jelasnya melalui rilis RSPO dari Kuala Lumpur, Malaysia (12/11).

Luncurkan Benih Kacang Hijau

PT East West Seed Indonesia (Ewindo) meluncurkan benih kacang hijau berkualitas bernama Vima 1. Varietas hasil rakitan Balai Penelitian Tanaman Aneka Kacang dan Umbi (Balitkabi) ini dikembangkan Ewindo yang meneken kerja sama lisensi dengan Badan Litbang Pertanian. Keunggulannya adalah umur genjah, panen serempak, dan potensi hasil yang tinggi mencapai 1,76 ton/ha.

Peluncuran tersebut dilakukan dalam diskusi terbatas bertajuk “Benih Unggul untuk Menyejahterakan Petani, Meraih Ketahanan Pangan dan Pencapaian Nutrisi” di Jakarta, Rabu (7/11). Menurut Glenn Pardede, Managing Director Ewindo, banyak faktor yang menyebabkan rendahnya produktivitas kacang hijau. Di antaranya, sekitar 54% petani menanam benih dari kacang hijau konsumsi. Dihitung dari konsumsi kacang hijau yang sebanyak 280 ribu ton/tahun, Indonesia butuh benih sekitar 6.000 ton senilai Rp122 miliar per tahun.

Hingga saat ini ketersediaan benih unggul masih minim. Karena itu, “Ewindo hadir untuk menyediakan benih unggul berkualitas sehingga para petani kacang hijau dapat meningkatkan produktivitas dan penghasilannya,” ucap Glenn dalam acara tersebut. Pihaknya membidik target penjualan benih kacang hijau sebesar 60 ton pada 2019 dan lima tahun ke depan 1.800 ton.