Agar Tak Sesat Jika Berobat Bagian 2

PASIEN MENUMPUK

Di negara maju saja, seperti Amerika Serikat, misalnya pasien-pasien ditapis oleh dokter umum sebelum dinilai apakah perlu dirujuk ke dokter spesialis atau rumah sakit. Beberapa skema asuransi kesehatan swasta juga melakukan mekanisme yang sama. Dampak skema ini besar. Pertama, dari sisi efektivitas layanan. Di antaranya menghindari jumlah pasien menumpuk di dokter spesialis. Mereka cukup menangani kasus yang tidak dapat ditangani oleh dokter layanan primer (dokter umum).

Dokter spesialis pun dapat meningkatkan kualitas dan durasi konsultasinya jika pasien sudah melalui seleksi. Kedua, efi siensi. Biaya kesehatan dapat lebih ditekan, karena untuk apa keluar uang lebih banyak dengan membayar layanan dokter spesialis jika keluh an anak kita bisa ditangani dokter umum yang tarifnya relatif lebih murah. Ketiga, mengu at kan sistem la yanan kesehatan dan keteraturan. Tujuannya agar setiap warga negara bisa mendapatkan pelayanan kesehatan yang mudah dan memenuhi standar merata di mana saja.

 Selain menyediakan layanan dokter umum, bolehkah klinik 24 jam memberikan obat kepada pasiennya? Tentu boleh, yaitu selama pemberian obat oleh klinik itu dalam pengawasan apoteker. Bahkan klinik juga tidak diharamkan memiliki apotek tersendiri, apalagi jika ikut serta dalam pelayanan skema BPJS Kesehatan. Jika dirasakan menguntungkan, apotek dapat didirikan. Jika belum mampu, klinik dapat bekerja sama dengan apotek terdekat dalam pelayanan obat-obatan untuk pasien.

Apakah peserta program BPJS Kesehatan bisa dilayani oleh klinik 24 jam? Jelas bisa. Selama klinik itu ikut serta dalam skema BPJS Kesehatan dan kita memang terdaftar secara sah untuk mendapatkan fasilitas tersebut. Meski demikian, masih banyak klinik yang belum tertarik untuk ikut serta dalam skema BPJS Kesehatan karena merasa tidak begitu menguntungkan secara fi nansial. Jadi, mungkin saja klinik 24 jam di dekat rumah kita belum bisa menerima peserta BPJS Kesehatan. Tak apalah. Yang penting, klinik dan dokter di situ tetap memberikan pelayanan kesehatan terbaik bagi kita dan keluarga.

Artikel Sebelumnya https://newzealandfilmawards.com/agar-tak-sesat-jika-berobat-bagian-1/