101 Stimulasi Berbahasa

Berikut beberapa hal yang bisa dilakukan oleh orangtua untuk menstimulasi perkembangan bicara anak, yaitu: 1. Memperbanyak waktu untuk bermain bersama. 2. Lakukan kontak mata, melatih kontak mata jangan sekadar memanggil nama. 3. Ajarkan komunikasi dengan sejajar mata, berlutut bila berbicara dengan anak. 4. Latih bahasa ke anak secara padat, singkat, jelas. Untuk anak yang mengalami kendala dalam berbicara, hindari menggunakan kalimat panjang karena ia akan kesulitan menangkap maknanya.

5. Ajak anak belajar kata inti saja yang sederhana, misal: menyuruh mandi, “Andi, ayo mandi.” 6. Bimbing untuk melakukan ekspresi kemauan sederhana, jangan serta turuti komunikasi nonverbal. 7. Mengikuti minat dan masuk ke dalam dunia anak, baru secara perlahan mengarahkan anak. 8. Kemampuan berbicara tiap anak berbeda. Bila hingga menjelang 3 tahun, anak belum lancar berbicara, sebaiknya gunakan 1 bahasa terlebih dahulu sehingga anak tidak bingung.

Bila anak telah mampu memahami dan menggunakan 1 bahasa dengan tepat, baru ajarkan bahasa ke-2, dan seterusnya. 9. Menggunakan tempo bicara yang sedang (jangan terlalu cepat dan juga jangan terlalu perlahan). 10. Memperbanyak ekspresi yang seru seperti “Wow ! Oh-oo” 11. Meminta respons timbal balik dari anak, mulai hal yang bisa dilakukannya seperti tos, cium, mengangguk, menyapa, dan berpamitan.

12. Memberikan jeda 5 detik antar kalimat pengulang. 13. Menggunakan alat bantu visual. 14. Biasakan anak menyukai buku bacaan sejak dini. 15. Bila anak mengucapkan kata secara keliru, langsung koreksi. Begitu juga jika ia menggunakan tata bahasa yang salah. 16. Anak senang dengan nyanyian dan mendengarkan musik. Dengan mengulang lagu-lagu sederhana akan menambah perbendaharaan katanya. 17. Beri pujian atas keterampilan berbicaranya.

Bahasa sangatlah penting untuk semua orang karena dari bahasa kita dapat berinteraksi dengan orang lain. Sehingga dapat melakukan berbagai aktivitas untuk menunjang kehidupan setiap hari. Bahasa asing terutama bahasa Inggris adalah bahasa yang universal dan sangat penting. Karena digunakan diseluruh penjuru dunia. Untuk Anda yang akan mengikuti tes TOEFL dapat mempersiapkan diri melalui kursus TOEFL IBT Jakarta sehingga dapat menyelesaikan tes dengan baik.